Welcome

Welcome to the story of my life :)

Minggu, 27 Mei 2012

Mengapa Kita Cegukan?

Cegukan adalah suara yang ditimbulkan oleh getaran diafragma ketika lambung membesar. Diafragma adalah sekat rongga antara dada dan perut di bawah paru-paru.
Cegukan secara medis dikenal sebagai singultus, yaitu kondisi dimana diafragma mengejang di luar kemauan.


Cegukan bisa disebabkan oleh makanan pedas atau panas yang dimakan bersamaan ketika bernafas. Alkohol, stres atau emosi tinggi juga terkadang memicu cegukan.
Makanan pedas dapat menimbulkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari satu menit.Sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada syaraf yang berfungsi mengendalikan diafragma.


Cegukan juga menjadi cara tubuh memberitahukan bahwa Anda makan atau minum terlalu banyak. Para ilmuwan juga menilai cegukan adalah refleks yang mencegah Anda tersedak makanan atau minuman. Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motor ke diafragma yang membantu mengendalikan proses bernafas.


Cara terbaik untuk mengurangi cegukan adalah dengan mengatur nafas dan rileks. Kemudian dilanjutkan dengan meminum dua sampai tiga gelas air tanpa henti. Jika tak kunjung hilang, Anda juga bisa mencoba meminum air tanpa bernapas.
Hal tersebut dilakukan agar menaikkan kadar karbondioksida atau menstimulasi saraf vagus. Selain itu, menahan nafas, menggosok bola mata, menelan roti kering, makan es yang diremukkan, makan sesendok teh gula, bernafas ke dalam kantong kertas serta menghirup bau amonia bisa menjadi alternatif lain untuk atasi cegukan.

Cegukan juga bisa dihilangkan dengan cara dikagetkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar